Gratitude Post: Teruntuk Yessica

Teruntuk Yessica, yang sama kaya saya (sama apanya ya hm).

Kenal dari SMA dan sudah tau luar dalam walau tidak setiap hari saling berkabar. Yessica yang saya kenal anaknya keras kepala dan banyak mimpinya. Dulu, Yessica paling luas vocab Bahasa Inggrisnya, saya dulu kalau males bawa Alfalink (iye, dulu masi jaman coy Alfalink) nanyanya ke Yessica.

Yessica penggemar Harry Potter, beda sama saya yang emang suka baca aja gak niat ngapalin detail-detail scene-nya. Pernah protes sama saya dan teman-teman kenapa filmnya gak sesuai bukunya, ya saya mana tau Yes, maap bukan scriptwriter-nya. Selera film Yeyes beda sama saya, kalau saya sukanya romance, kalau Yeyes sukanya yang psikopat-psikopat gitu ada bunuh-bunuhannya, yang pake mikir. Dulu saya korban dipaksa marathon nonton Saw di rumah temen, sekalinya ada kelanjutan film Saw saya terjebak lagi harus nonton. Saya ga tau juga sih film Saw dimana nyereminnya soalnya kerjaan saya nyumput di belakang sofa, atau kabur ke kamar tidurnya temen. Yeyes kalau suka sama satu hal, bakal dipelajarin ampe daleeem banget. Ini aja saya ngerasa bersalah ngajak Yeyes nonton Bigbang The Movie, sampe akhirnya Yeyes yang ngajak saya nonton Bigbang, di Hongkong. JAUH AMAT BU!

Kalau Yeyes cerita ke saya masalah hati, saya selalu ngerasa sama. Lah, kok sama. Ini gimana ini? Satu-satunya temen saya yang kalau curhat saya gabisa ngasih feedback apa-apa, soalnya kok persis ya. E gak persis-persis banget sih, bedanya kalau Yeyes sampe pacaran, kalau saya engga #timjombloasik, jomblo asik ape kaga laku ye. Teleponan Duri-Bandung cuma pengen nangis gara-gara masih jomblo juga pernah (ini lebay sih).

Yeyes ini saking banyak temen Islamnya sampe hapal doa buka puasa beserta artinya. Kadang kalo dipakein kerudung pasrah aja. Yeyes juga kalau saya udah mulai “Yes, ikuti saya, Asyhadu….” dia udah ngikut sendiri tanpa dipandu. Becandaannya gak lucu ya saya sama Yeyes, main agama gitu. Tapi Yeyes adalah seorang Kristen yang taat, yang suka ke gereja, yang baik mau dengerin saya kalau saya nanya-nanya soal agamanya. Sekalinya saya masuk ke Gereja (waktu itu sekalian nemenin temen dari Jepang juga), saya nanya ini itu dan disambut baik sama Yeyes.

Sekali-kalinya saya terharu sama kebaikan Yeyes adalah saat kami di Hongkong dan saya belum makan yang proper dari pagi (karena Dea pengennya halal 100%, maap). Yeyes menawarkan diri untuk menemani saya ke Wanchai, ke Islamic Center, pake acara muter-muter dulu karena saya gak tau persisnya dimana dan google maps ternyata ga sekeren itu. Saat itu udah sore dan kami masih punya banyak list tempat yang dikunjungi. Yeyes gak tau saya nangis terharu karena saat itu saya sakit flu parah, suara saya udah ga jelas bentuknya, jadi mau ngomong biasa sama ngomong sambil nangis ga ada bedanya. Terharu banget saya, sumpah!

Selalu saya sempatkan untuk masuk ke mesjid setiap saya pergi-pergi jauh dari Bandung. Yeyes menemani saya masuk, bahkan dia yang bilang “Dei, masuk aja ke atasnya, aing temenin.” Sepanjang naik tangga dalam hati saya “Terimakasih telah menjadikan Yessica sebagai teman saya, Tuhan.” Belum lagi saat kemarin Gubernur Jakarta divonis, saya dan Yessica berdiskusi cukup panjang masalah toleransi. Toleransi sudah sepantasnya ada, namun dari Yessica saya belajar untuk menerima dan memahami. Memang semua agama mengajarkan kebaikan, Yessica rasa agamanya paling benar, dan saya merasa agama saya yang paling benar, dan yaudah tugas kita cuma jangan ikut-ikutan jadi orang yang salah dan yang menyakiti orang lain tanpa dasar apapun.

Terima kasih, Yessica, udah mau jadi temen saya!

You know how much I love you, xoxo.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s