Perbincangan dengan Teteh

Suatu hari, di jaman Dea yang kurang kepekaan akan lingkungan sekitar, aku pernah chatting sama tetehku. Aku bilang “Teh, kasian deh, itu anaknya dicuekin soalnya ibunya lulusan SMA.” kemudian tetehku bilang “De, sayang ibu ke anak tuh bukan masalah pendidikan, tapi masalah hati. Kamu sadar gak de kalo ibu kuliahnya juga ga kelar, so basically ya ibu lulusan SMA.”

Emang mulut seorang Dea ga disekolahin. Asal ngomong aja. Setelah kupikir kuperiksa emang bener apa kata tetehku. Masalah sayang sama anak itu masalah hati, bukan masalah pendidikan. Aku mau tambahin juga, ah, dan masalah lingkungan juga.

Aku dilahirkan dari ibu yang lulusan SMA. Bapakku ngelamar ibuku waktu ibu masih kuliah di Manado dan akhirnya di bawa ke Bandung, ya mau gamau ibuku berhenti kuliahnya. Dan apa yang aku pelajarin dari ibu lebih banyak mengenai nilai-nilai kebaikan. Kalau masalah sekolah, ibu selalu ada buat aku, dan nyemangatin aku kalo aku belajar. Entah kenapa ibu menjadikan aku merasa gak perlu untuk bertanya saat ngerjain PR karena aku udah belajar di sekolah ya PR jadi gak sulit dan saat ulangan ibu cuma bantu nanya2in, dan aku jawab. Aku gak pernah dipaksa untuk belajar sama ibu tapi aku selalu dikondisikan untuk selalu mengulang apa yang guruku ajarkan di sekolah.

Ada yang bilang bahwa “Perempuan mesti sekolah yang tinggi biar anak-anaknya juga pinter” dan ada yang bilang “Untuk apa perempuan sekolah tinggi-tinggi nanti juga paling ngurus anak, balik ke dapur.” Menurutku semua hal tersebut adalah keputusan perempuan, terserah dia mau ngenyam pendidikan atau engga. Menurutku, yang penting perempuan mesti punya hati. Hati itu adalah seonggok daging yang jadi di badan kita. Jadi, makanlah makanan yang baik-baik, lakukanlah hal yang baik-baik supaya hati juga menjadi baik.

Bisa juga baca tulisan tetehku mengenai ibu disini: http://ekadeau.blogspot.com/search/label/ibu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s