Ngariung VI, @TEDxBandung: Music Worth Listening, a good way to spend Friday night!

Kemaren, 28 Februari, TEDxBandung ngadain acara ngariung VI, temanya Music Worth Listening. Perbedaannya adalah sekarang aku ngga ikut kepanitiaan (mungkin next, kalo diajak, bisa ikut lagi haha), kali ini aku dateng sebagai audience, diajak sama kak Fanni Yudharisman, mungkin kalo volunteer Bandung pasti tau banget siapa kak Fanni ini. Speaker di Ngariung kali ini adalah Eya Grimonia, seorang violinist, Tesla Manaf (…. bosen, haha ga deng, Mas!), sama Teh Dodo d’cinnamons.

Eya Grimonia berbicara tentang musik itu adalah bagian dari hidup dan musik merupakan karunia sains yang dapat merubah hidup kita menjadi lebih baik (otoy, padahal ga apal quotesnya), ya intinya musik itu kece lah (ngambil kesimpulan sendiri). Dalam menyampaikan idenya, Eya menggunakan biola, Eya bercerita bahwa setiap hidup kita itu selalu ada musiknya, dengan cerita mengenai seorang anak yang melalui hari-harinya, Eya memainkan beberapa lagu seperti “Bangun tidur ku terus mandi” (haha ga apal judulnya), “Balonku,” dan lain sebagainya. Eya juga mengaitkan musik dengan film. Film dan musik merupakan kesatuan. Selain itu, tidak selamanya paduan nada dapat menjadi lantunan indah, ada juga musik yang annoying seperti manusia haha (disambungsambungin). Eya menutup sharingnya dengan lagu Evolusi Cinta. KYAAAAK! LIRIKNYA BAGUS!

Eya Grimonia, 18 tahun pemirsa (saatnya refleksi diri)

Selanjutnya ada Tesla Manaf Effendi, seorang gitaris yang dulu banget pertama liat di pra event JakJazz di PVJ, DULU BANGET. WAKTU SMA. Haha. Sekarang doi udah di kontrak sama salah satu label di New York YUHUUU (ayo semua kita tepuk tangan buat mas Tesla). Mas Tesla cerita tentang jatuh bangun dia di dunia permusikan dan gimana dia bikin musik. Kata Mas Tesla, biasanya Mas Tesla bikin musik sesuai suasana hati, gak disuruh-suruh, bahkan Mas Tesla bisa gak bikin musik selama 6 bulan kalo emang lagi gak pengen. Dia membuktikan bahwa aliran musik yang terkesan ‘aneh’ dapat menembus pasar dunia. Sesungguhnya dalam menilai musik, aku gak bisa bilang mana yang bagus ato engga sih, karena musik itu selera. Adanya sih suka atau engga. Aku pribadi suka sama musiknya Mas Tesla, soalnya kayak menyatu dengan alam gitu. Jebraw versi ga pake lirik dan versi lebih aneh. Mungkin kalo mau mencoba mengerti musiknya Mas Tesla, bisa follow soundcloudnya di sini.

Mas Tesla, stand up comedy haha 😀 😀

Yang terakhir ada teh Dodo d’Cinnamons. Teh Dodo cerita tentang passionnya di bidang musik dan gimana sih mengovercome hambatan yang melintang dalam karirnya. Seperti kita ketahui, d’cinnamons pada tahun 2008 dianugerahi piala dari IMA, sebagai soundtrack terbaik (sotoy lagi, takut salah denger silahkan dicrosscheck ke sumber yang lebih bener aja ya, ini seingetnya aja). Awal mula D’Cinnamons adalah sebagai band yang manggung dari cafe ke cafe, dan sampai akhirnya ditawari untuk mengisi soundtrack film cintappucino. Teh Dodo bilang kebanyakan orang tau D’Cinnamons sebagai Cover Band. Tapi aku pribadi mah engga gitu, karena waktu SMA aku beli albumnya terus ngapalin liriknya sealbumeun, soalnya baru pertama kali denger suara kayak gitu. Kayak aneh tapi engga tapi enakkeun gitu, bahasa indonesianya unik. Ternyata, dunia industri musik itu begitu susah sekali ya, kalo ngomongin musik yang dikaitin sama bisnis, oh susahnya susah banget.

Teh Dodo d’cinnamons with her beautiful voice!

Kyak, it was so fun bisa dengerin ide-ide dari 3 speakers di TED kemaren!

XOXO,

Dea dan temen ngedosanya, Depi. Berasa dosa banget seharian makan sampe kenyang, susu sama coklat sama ice cream, sama yang minyak-minyak. Bersyukur banget punya temen baek kayak Depi yang mau nemenin kemana-mana!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s