Kelas Inspirasi #2, Bandung

image

HALO DUNIA (postan berentet et yahu dot khom, gapapa yah, mumpung memorinya masih ppang ppang ppang muncul ke permukaan).

Tanggal 19 Februari 2014 kemarin, aku ikutan volunteering di kelas inspirasi 2 Bandung. Eciye asik. Bukan, bukan sebagai inspirator kok. Karena sebagai inspirator, minimal kita harus memiliki pengalaman bekerja selama 2 taun. Tapi aku kerja di Mahana aja baru setaun lebih, dan baru 5 proyek, begitu minim dan begitu sotoy sepertinya kalo aku sok sok an memberi inspirasi ke anak kecil soal pekerjaan ku ini.
Disini, as always, karena pengen tau dan pengen berbagi tenaga, aku volunteering sebagai fotografer. Ekekekekek. Padahal kamera minjem dan lensa juga minjem. Modal waktu sama tenaga doang kok ini volunteering.

Sepuluh hari sebelum hari H, seluruh volunteer baik itu inspirator dan dokumentator kumpul bareng-bareng untuk briefing. Dokumentator dikasih tau gambar apa yang harus diambil dan sebagainya. Sedangkan inspirator diberi pengarahan dari alumni pengajar muda tentang cara mengajar serta berbagai lagu lagu untuk ice breaking.

Aku dapet bagian sebagai fotografer di SDN Padasuka 5. Bersama 5 inspirator, ada Pak Wahyu (konsultan IT), ada Bu Yenny (pengusaha fashion), Pak Markus (Dosen), Mas Widya (In house lawyer), dan Kak Nanda (Account Creative). Seru banget berinteraksi dengan ke-5 inspirator, apalagi saat berbagi cerita dengan mereka.

Pak Markus adalah seorang dosen di Maranatha sekaligus pencipta game Pet War. Aku sebenernya ga tau banget ini game semacam apa tapi kalo denger cerita Pak Markus, ini gamenya melibatkan karakter-karakter Indonesia, seperti Sunge contohnya, yang merupakan singkatan dari Suster Ngesot. Pak Markus bilang, sayang banget kalo dari SD aja kita ga tau kita mau jadi apa (aku waktu SD tau banget mau jadi apa, artis haha). Seru banget ngobrol sama Pak Markus, walaupun terpaut sekian taun, tapi perasaanku ngobrol sama beliau kayak ngobrol sama temen yang pengalamannya emang lebih banyak dari aku, apa mungkin karena faktor beliau dosen dibidang seni mungkin ya. Haha beda gitu kan kalo dosen teknik banyakan cacu. Sayangnya, waktu hari H Pak Markus demam, jadinya gak bisa ikutan Hari Inspirasi, coba aja kalo Pak Markus bisa dateng, pasti seru.

Bu Yenny adalah seorang ibu dengan 2 anak. Bu Yenny merupakan seorang pengusaha fashion, cara memberi inspirasi Bu Yenny asik banget, anak-anak SD dikasih pola dan disuruh bikin baju sesuai kreativitas mereka. Serunya, salah satu murid ada yang emang pengen jadi desainer, dimana murid lain nempel pola sesuai yang dikasih, murid ini ngebelah 2 baju dan bikin bolero! Di akhir ngajar, Bu Yenny bagi-bagi bintang untuk anak SDN Padasuka 5, dengan pesan, “Jadilah bintang!” (jangan sembari nyanyi lagu KDI gitu dong bacanya). Dari Bu Yenny aku jadi tau kalo ternyata Executive punya Indonesia. Maafkan pengetahuan fashion hamba yang minim ini, bahkan merk dalam negeri aja gakenal. Huksie.

image

Yenny Hambali, pengusaha fashion.

image

Pak Wahyu adalah seorang konsultan IT. Di Hari Inspirasi, Pak Wahyu khusus ngajar di kelas 5 dan kelas 6 SD, karena memang materi yang disampaikan juga berbeda dan tingkatnya agak berat kali yah kalo buat kelas 1-4. Pak Wahyu memberikan inspirasi lewat tayangan-tayangan dari laptopnya. Beberapa anak SD sekarang udah pada punya Facebook, dan diakhir ngajar mereka tukeran nama Facebook add-add-an Facebook.

image

Wahyu Qomarudin, Konsultan IT

image

Anak-anak SD lagi pada saling add facebook……

Kak Nanda adalah seorang pekerja di bidang Marketing Communication. Cara ngajar Kak Nanda unik banget. Dengan game seperti game-game di Game Zone (angkatan 90 banget cyin game zone), kayak tebak gerak, terus bisik-bisikan sampe ujung, dan game lainnya, Kak Nanda menekankan bahwa komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam berhubungan dengan sesama manusia.

image

Nanda Nurita Sari, Account Creative

image

bisik bisik tetangga kini mulai terdengar slalu ditelingaaa~

Mas Widya adalah seorang in house lawyer, kalo ditulisan dipembagian kelompok sih tulisannya penganalisis undang-undang. Whutttt :O :O :O! Bagi aku ini adalah suatu pengetahuan baru. Mas Widya ini bahkan ketemu istrinya di Lapas saat ada gathering anak hukum, kebayang ga kalo anaknya nanya “Pah, papah ketemu mamah dulu dimana?” / “di Lapas, nak”….. haha. Karena emang pekerjaannya yang sangat sulit dijelaskan kepada anak SD, Mas Widya lebih menekankan untuk menggapai cita-cita setinggi langit, dan pentingnya mengetahui passion. Aku sedikit bantuin Mas Widya waktu ngisi di kelas 4 dan kita malah maen tebak-tebakan. Biar asik aja, seperti, “Binatang apa yang cuma punya dua huruf?” / “U & G”….. krik. Biarkan walau garing yang penting happy.

image

Widya Castrena, In house lawyer BPKP

image

tebak-tebakan suruh nyambungin 9 titik hanya dengan 4 garis

Terakhir ada Mas Dicky sebagai videografer di Padasuka 5, tapi aku belom liat videonya hihi. Ngeceng sama lensa fish eyenya mas dicky.

Sekalian bonus foto!

image

image

image

image

Overall, jadi relawan di Kelas Inspirasi #2 ini ngasih banyak sekali pelajaran buat aku. Bikin nagih juga karena bisa ketemu sama ade-ade unyu yang lucu-lucu, adapun yang bandel, yang kalo lari-lari ga mikir gue bakal jatuh ato engga ya, yang masih ceria, liat senyum anak-anak Indonesia bikin aku seneng 🙂

XOXO,

image

Semoga taun depan bisa merelakan diri lagi untuk Kelas Inspirasi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s