How K-drama, K-Variety, and K-saramdeul change me

ini cuma pikiran aku aja tentang seberapa jauh k-related things merubah aku, terutama cara pikirku tentang apapun itu. Pada dasarnya aku adalah orang yang suka mengamati dan komentar. Jadi, apapun yang kutulis disini itu hanya berdasarkan pengamatanku dan bukan dari sumber mana-mana. Sumbernya cuma dari aku. (Eh, kayaknya tiap nulis post aku harus bikin disclaimer: this post based on my experience and observation, dengan melepaskan label label yang menempel di aku seperti anak S2 ITB contohnya hahaha swedigh….)

Awal gimana aku bisa suka sama K things ini karena aku emang suka mengapresiasi seni. Seni ciptaan Tuhan. Seperti muka cowo yang awalnya biasa aja tapi karena sifatnya yang baik dan penuh pengertian lama-lama jadi ganteng, bisa juga seni hasil work out cowo-cowo korea yang bikin badan mereka bagus banget kalo pake suit. (fyi, buatku cowo lebih keren keliatan pake suituwiw ketimbang telanjang-telanjang dada huek). Tbh i don’t wanna see some shirtless or topless guys, i just wanna see top more T.O.P MORE haha.

image

PAPA T.O.P NAE SARANG, TA-nya udah beres, sekarang lagi Tesis nih mbaknya, sabar ya!

Perfilman korea sebenernya gak jauh beda dengan perfilman indonesia (gak jauh beda sih tapi beda banget haha perfilman indonesia beda banget sama perfilman di dunia, eh tapi ini sejauh mata memandang di bioskop sama di TV aja ya, bukan film film festival yang tidak terpublikasi dengan baik)

Selama hampir 5 tahun terakhir ini (haha lama banget kayak kuliah) aku sangat-sangat terinfluence dengan orang-orang yang keliatan di TV korea (oh internet oh internet). Walau kadang detox dikit dikit pake serial US atau UK (aku gak pernah detox dengan membaca paper bahan bahan tesis, cih ngapaen bangets). Dari mana aja ya terkena pengaruhnya?

Mulai dari yang sangat keliatan dulu aja deh, yaitu gimana aku melihat cowok. Dulu, aku biasa aja liat cowo. Ga ada hasrat pengen memiliki seganteng gantengnya itu. Semenjak nonton drama, hasratnya muncul (antara berhasrat atau emang udah umur aja dei itu mah haha). Jadi, cowo cowo di drama ini selalu memiliki sifat yang di akhir drama bikin cewe-cewe pengen punya. Entah karena emang aku nontonnya drama yang biasanya sifat cewenya gajelas ngaco gitu kayak aku dan akhirnya menemukan cinta yang perfekto mamamia lezatos gitu yang si cowonya awalnya benci benci tapi sayang, benci benci tapi melindungi, benci benci tapi diem diem menyimpan perasaan. Terus selalu ada tokoh cowo ganteng baik dan selalu ada di sisi cewenya, tapi cewenya ga nyadar (bodoh kamu!) atoga si cowonya ga ganteng tapi baik banget selalu bersedia berkorban sampe literally bedarahdarah demi cewenya. Hhhh. Bikin mimpi (udah tau bikin ngimpi tapi masih ditonton haha). Dulu banget, aku gak tau kalo sixpack itu adalah bentuk bagus dari badan cowo. Tapi, karena drama korea, persepsi aku jadi terbentuk, bahwa perut buncit is a big no, badan kurus kerempeng juga is a big no. Jadinya skrg kalo nilai cowo itu sehat apa engga ya liat perutnya, buncit apa engga ato cekung ato engga haha. Huft, bener apa kata Sherlock sih “Beauty is a construct based on entirely childhood impressions, influences, and role models” makin banyak orang yang merefer seseorang itu cantik atau ganteng, ya makin kebentuk di kepalaku kalo ganteng itu gini, gini, gini. Tapi terlepas dari itu semua sih aku cuma cari cowo yang seagama, sayang aku, dan pengertian (ga nanya dei, ga nanya!)

Kemudian, selain drama. Aku juga dengerin musik-musik K. Disini aku bakal nyorotin banget how the producers make their singers so beautiful. Outside and inside. Mulai dari company yang sangat terkenal dengan visualnya yaitu SM. Presidennya namanya Lee Soo Man. MARKETINGNYA PINTER BANGET OWWWKHAY. Contohnya aja EXO! Aku ga habis pikir sama marketingnya, ngatur jadwalnya EXO pinter banget. Mereka udahan promosi tepat pas G-Dragon ngeluarin album Coup D’ Etat…. How smart bengeee. Keknya Soo Man tau banget EXO blm bisa banget dibandingin sama G-Dragon. Bahkan sampe kapanpun gakan bisa karena emang ga sealiran. EXO Growl keluar ALL KILL DAN TRIPLE CROWN…… terus habis itu promosi jor-jor-an di TV, pas G-Dragon naik ke acara musik, EXO promosinya off air! GILA PINTER BGT. Selain jago marketing jadwal, doi juga jago bikin personality orang sampe jatuh cinta gitu, kayaknya cuma Heechul aja yang off-script (HAHAHA OPPA KESAYANGAN AKU, 30 TAHUN SUDAH UMURMU).

image

kenalkan, namanya Park Chanyeol, memang sekilas terlihat sebagai pria cantik tapi denger coba suaranya disini (cukup aja u u u nya sama petikan gitarnya ya, kalo mau denger musikalitasnya Chanyeol, cari aja sendiri, aku takut nanti pada sayang semua sama Chanyeol kalo ku kasih link yang isinya talenta Chanyeol)

Tapi entah mengapa di mata aku (lagi lagi terpengaruh artikel), SM ini strict banget masalah latihan, masalah perform, don’t care how you feel or how healthy are you gitu (lagi lagi ini akibat sedih banget liat D.O. di MAMA, lagi sakit kaki tapi tetep ngedance). Terus ya music is a business gitu. Kayak they can’t express their feeling… liat koreonya, liat lagunya, banyakan bikinan orang lain (sotoy parah sih aku, maaf). Tapi ya itu, kadang sedih aja liat DBSK bubar… Shinhwa aja sampe keluar dari SM, karena mereka bakal tetep stay berenam sampe kapanpun (om om ayo cepet nikah om!). Kabar yang aku denger mereka ditawarin personal activities gitu, jadi udah ga jadi Shinhwa lagi. Tapi yokshi, uri leadernim Eric tetap menjaga keutuhan Shinhwa. Aaaa hormat banget aku sama Shinhwa (padahal ga kenal)

Kemudian ada JYP, JYP yang ternyata bos dari JYPEntnya bukan JYP. Ngarti ga? Haha. Jadi intinya JYP itu hanya punya shares aja di JYPEnt dan sebagai representative aja. JYP ini the king of whisper gitu. Tiap-tiap lagu JYP ya ada whisper di awalnya “JI WAY PI…” gitu. Yang aku mau omongin tentang uniknya JYP itu adalah of course BADAN BAGUS DAN KEMAMPUAN AKROBATIK SERTA FLEKSIBILITAS TUBUH. Haha kalo masalah lagu sih aku bingung gitu, kenapa lagu korea banyakan galau galau tapi ngedance, melodinya semangat. OH. Terus kadang liriknya….. yaudah gitu aja. Hahaha. Tapi JYP ini udah mulai ngebolehin self composed song masuk ke album boyband atau girlgroupnya. Contohnya 2PM (myehehehehe senyam senyum najong), dan kalo secara personality, JYPnya sendiri sebagai sajangnim tau lagu banyak banget, pinter bahasa inggris, selalu ngasih analisa yang masuk akal tentang suatu lagu, tau cara mengapresiasi lagu, dan tau cara berkomunikasi (HAHAHA KEBANYAKAN NONTON KPOPSTAR).

image

ini Junho (yang pake kemeja item kedua dari kanan) di koran Arab, haha pentink sistahhh.

Satu lagi label besar, YG (dibaca: wayji). Nah, YG ini punya artis-artis yang cem artist beneran! I DON’T CARE ABOUT FACE banget. As long as you have passion in music and you work your ass pol pol an demi musik, yaudah lo bisa debut gitu. Jeleknya ya kadang belet aja masalah jadwal comeback atau promosi cem kayak solonya Seungri beririsan sama EXO, hihi tapi 2NE1 yang sekarang ALLKILL lawan Girls Generation. HAHA BAHAGIA (maaf bias). Nah, YG ini seperti membebaskan artisnya gitu. Mau nulis apa bebas, mau bikin lagu cemana bebas, nah makanya kalo dengerin lagu YG kayak yang lepas lepas gitu.

image

Nam Tae Hyun, maknaenya Winner, keknya lagi pilek, males megang tissue, otak gak koplak koplak amat, suara bagus menuju sempurna. Haha. Winner ini grup terbaru dari YG, belom debut alias debutnya keknya diundur. Noona-deul dulu aja yang comeback, nanti kita menyusul.

Hal yang mempengaruhi aku banget dari musik KPOP adalah aku harus mencapai cita-cita aku dengan seluruh potensi yang aku miliki (klasik), sebenernya sih lebih ke arah keilmuan aku, manajemen gitu. Jadi belajar banyak aja dari analisis sotoy aku tentang how this industry works. Kalo dibandingin sama industri musik indonesia, kebanyakan dari kita ga tau siapa manajemennya, siapa produsernya, kita cuma tau musiknya aja, dan buatku it’s a good thing sih. Tapi emang butuh effort gede buat liat pemusik yang isinya ga “gitu-gitu doang” di Indonesia. Karena banyakan yang masuk TV ya yang gitu-gitu aja. Harus rajin nyari gigs atau surfing soundcloud dan youtube.

Selain drama dan musik, ada tayangan variety show, yang di Indonesia lebih dikenal dengan reality show. Variety show di korea itu seperti mengharuskan pelaku seni di dalamnya lucu. Iya, lucu. Jadi, kalo kamu ga lucu, kamu harus berusaha keras banget. Sesebanget itu. Biasanya, variety show itu membuat kita bisa melihat artis yang kita sukai dengan lebih dekat. Kita jadi kayak tau dia aslinya gimana (padahal kita sendiri ga tau itu scripted or not). Ya tapi kan penonton selalu percaya dengan apa yang ingin ia percaya. Salah satu acara yang aku suka adalah Running Man, segala sesuatu yang berbau Talkshow (Happy Together, Win Win, Yoo Heeyeol’s Sketchbook), dan We Got Married.

image

lee kwang soo yang dikenal di running man, kakinya panjang, sering disebut jirin gara-gara mirip jerapah, hobinya berkhianat tapi sering terluka sendiri haha bodoh.

image

lee kwang soo yang aku cintai (kanan atas pojok), foto di majalah high cut, seframe sama dong wook sama chil bong sama kim bum, YAUDAH SIH KAN SELERA EYK EMANG MODEL MAU DIGIMANAIN LAGI.

Hal yang mempengaruhi aku disini adalah gimana sih aku bikin imageku di depan orang. Identitas aku itu siapa. Aku mau dikenal sebagai orang yang gimana. Aku jadi mikir gitu. Sometimes faking your identity in front of the person who doesn’t know you well is needed. Contohnya adalah di depan dosen pembimbing. Haha. Tamat. Tapi in front of the one you love sih dibutuhkan ketulusan dan keikhlasan hati kali ah. Masa mau fake seumur hidup.

Selain semua itu, satu hal terakhir adalah FASHION! Nep! Menurutku fashion Korea emang udah mulai mempengaruhi Asia, apalagi Indonesia si negara latah fashion haha. Aku suka nonton Style Log, ya tau lah ya karena siapa. Pembawa acaranya sih Lee Soo Hyuk sama Hong Jong Hyun. Wekawekaweka. APALAGI EPISODE YANG ADA YOUNG KWANGNYAAA!

Hal yang mempengaruhi aku disini adalah gimana aku melihat bahwa dengan fashion, muka orang yang seaneh apapun ya bisa jadi kece gitu. Kalo gak cakep ya minimal harus tau dandan haha.

image

lxxsxxhyuk dan hong jong hyun, FYI, lee soo hyuk ini suka dipanggil hyuk soo ga ngerti kenapa, dan merupakan bagian dari geng XXX (analisis sotoy lagi)

Tapi segala sesuatu yang berlebihan ga baik sih, aku kadang masih nonton korea lamaaaaaa banget sampe tiba-tiba adzan Subuh…. haha itu sih yang ga baik. Karena begitu adiktifnya dan aku merasa tayangan-tayangan itu bikin aku seneng dan aku belajar ya jadinya malah terlena. Salah sih. Salah-salah nikmat gitu haha. Guilty pleasure.

Banyak sekali pengaruh yang diberikan oleh tontonan aku ini dalam proses membentuk aku. Aku bisa bilang sih aku yang sekarang sedikit terbentuk dari k-related things ini. Sekarang aku lebih dikenal sebagai “Dea yang suka nonton Korea”, “Dea bandar korea”, “Dea yang kuat 3 jam karaokean lagu Korea semua”, atau yang “Dea yang punya geng korea”. Jadi kalo misalkan ada yang ga sreg sama kelakuan aku, sama pemikiran aku, sama perkataan aku, ayo kita diskusi haha, siapa tau kamu bisa mempengaruhi aku.

XOXO,

The girl with the new identity.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s