Terima kasih, Ubud.

Ubud itu bikin aku jatuh cinta sama alam (bukan alam yang “ada mbah dukun sedang ngobatin paseeennyah KHEKEHEKHEK”).

Pertama kali nanem padi di sawah dan nginjek lumpur. Pertama kali cuci kali di selokan sawah terus ngerasa bersih banget.

Sepedahan keliling Ubud liat ibu-ibu bawa dagangan di atas kepala. Itu kepala kuat sekali. Kayaknya kalo kepalanya jadi hati aku, mungkin tidak akan bisa rapuh. Aaaaaapppaseeh.

Banyak bule telanjang dada tapi habis yoga. Banyak bule naik motor mio “bersama mioo tak perlu ragu lagihii~”. Banyak bule udah sok-sokan di “good morning”-in, taunya bales pake bahasa indonesia dengan logat bali yang kentel. Rasanya pengen manggil “Bli Bule”.

Orang Bali adil sama anggota badan. Anggota badan dari ujung kaki sampe ujung kepala sama semua. Seperti instruktur yogaku tersayang yang setiap pagi pas streching bilang “rasakan streching di daerah selangkangan” dan juga mba-mba pengajar tari bali yang selow aja pas bilang “tangan kanan kiri sejajar kepala, tangan kanan sejajar susu” sususususususususu.

Di Ubud banyak bangke di jalan. Bukan bangke tikus atau kodok seperti di kota, tapi bangke uler (NNNAAAAGGGIN).

Beda sama di kampus, biasanya disuruh cari jalan keluar, di Ubud aku disuruhnya cari jalan ke dalam. Banyak meditasi, relaksasi, dan duduk hening.

Di Ubud angin berhembus kenceng banget sampe jemuran kolor terbang-terbang. Tapi aku selow, malah buka tangan kayak Rose di Titanic, bedanya dibelakang ga ada Leonardo Dikapriyonya. Menerima angin walaupun badan cungkring ini ketiup angin sedikit.

Di Ubud banyak banget yang namanya Made dan Wayan. Sampe ngasal nama juga eh taunya bener namanya Made. Ibarat manggil nama “Muhammad” di sekolah pesantren.

Kata perwakilan bupati Gianyar, Ubud itu berasal dari kata obat. Semoga bukan obat terlarang soalnya rasanya Ubud udah jadi candu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s