Sungha Jung Concert in Indonesia

Halo lagi, Korea lagi yuk! Haha. Walaupun rada aneh sih ini ngereview kerjaan sendiri tapi yaudalayaa.

Sungha Jung adalah seorang finger-style guitarist dari Korea Selatan, bisa dibilang dia adalah artis youtube. Permainan gitarnya waktu dia masih kecil sempat menyebar di internet, tapi setelah itu aku gak tau kelanjutannya. Yang aku tau, dia punya channel di youtube dan akhirnya aku subscribe: ternyata dia makin melanglangbuana aje loh.

Umurnya masih 16 tahun, tapi prestasinya luar biasa 🙂 Begitu tau Mahana ngebid dan ternyata semua urusan sudah deal, 2 bos besar yang bernama Ako dan Ridho ke Jakarta pas aku KP dan ngajak makan bareng di KFC (oke, ga penting) ya intinya ngobrolin survei venue dan segala macem.

Kagetnya lagi, ternyata aku dipercaya jadi show manager! KYAK! Parah sih itu amanahnya. Kalo gagal bisa dilempar gitar sama penggemarnya terus sedih gamau EO-EO-an lagi.

—–

Balai Kartini, Nusa Indah Theater, Jumat, 16 November 2012.

image

ini foto sungha waktu checksound di balai kartini, lucu yawh :3

Open gate dimulai pukul 18:00. Karena numbered seating, penontonnya gak buru buru masuk, gak ngantri dari pagi juga. Hehe. Bisa dibilang Sungha ini artis irisan, irisan penyuka kpop walaupun dia bukan aseli kpop tapi lebih ke sering ngecover lagu2 2NE1 dan Big Bang dengan penyuka Sunghanya sendiri karena permainan gitar dan ukulelenya.

Jam 7 lebih dikit akhirnya konser dimulai. Sesungguhnya aku juga agak heran sama konsepku sendiri, konser tapi pake MC. Hehe tapi biarin deh, soalnya kan konsernya dibagi 2 sesi. Terus pengen baik bagi-bagiin CD bertandatangan Sungha pas lagi break. Nah, MC-nya tuh tidak lain dan tidak bukan adalah MC meetngreet secondhand serenade yang lalu, yaitu @ebes_.

Begitu lampu mati dan Sungha masuk langsung semua penonton, apalagi yang cewe langsung ber-KYAAAKK! alias teriak. Lagu pertama, Irony. Lagunya Sungha sendiri. Setelah itu itu langsung masuk ke lagu coveran kayak payphone-nya maroon5 dan lonelynya 2NE1.

Mengenai konsep lighting sebenernya tanggung jawab aku. Sungha itu adalah artis yang sangat baik, jarang protes dan kerjaannya senyum. Contohnya waktu checksound: lampu yang aku tes ngga diprotes, konsepnya lagu upbeat agak dimainin warnanya, lagu slow pake lampu farlet dan movinghead. Sayangnya, ternyata pas konser yang keganggu adalah penontonnya! Aduh maaf banget ya! Untung aku segera disadarkan sama mentionan twitter. Miss Dee dari pihak manajemen Sungha pun pas aku tanyain tentang lampu ngasih isyarat “okay” kayak tika-tiwi.

image

Sungha dari sudut pandang FOH. Cakep aja gitu.

Disesi kedua, Sungha membawakan lagu dengan ukulele-nya, sesi kedua dibuka dengan lagu coveran Gotye dan Supermario! Cool. Cool-cool-cool! Kemudian saat ganti instrument dengan gitar, doi bawain missing you nya G-Dragon yuk tenggelem yuk. Okay, saatnya melupakan kerjaan dan fokus liat Sungha main. Kali ini lighting panggung cuma pake farlet dan moving head satu warna, semoga para penonton suka.

Untuk yang duduk di kelas gold dan silver sih nampaknya its okay karena nontonnya dari jauh, tapi untuk yang duduk di VIP Package, aku minta maaf banget ya itu lampu di sesi 1 agak kurang ajar silaunya. Untuk sound sendiri beberapa kali too sharp tapi alhamdulillah bisa segera diatasi.

Biasanya sesi meet n greet dengan artis itu dilakukan sebelum konser. Tapi rikues dari manajemen Sungha, MnG-nya setelah konser. MC-nya @ebes_ lagi. Karena kebetulan Ebes ini adalah LO juga, jadinya Sungha bisa lebih asyik ngobrol-ngobrol. Untungnya sesi fansigning berjalan lancar walaupun aku gak yakin sih sungha sepenuhnya gak pegel. Tapi dasar anak polos dan baik, doi kalo ditanya kecapean apa kagak selalu bilang “I’m OK”.

Ada kejadian yang sangat lucu ya ampun. Saking lucu dan innocentnya, pas mau checksound dan nyadar ada barang ketinggalan di kamarnya, dia mabur ke kamar. Bener-bener mabur, lempeng, sampe LO yg lainnya (alias Kak Sony the bartender) gak nyadar dia mabur. Sungguh. Habis fansigning juga dia malah masuk ke ruangan panitia (alias disorientasi arah) dan bukan lewat jalan ke kamarnya. Lucu banget syungguh.

——–

Parahyangan Convention Hall, Hotel Horison, Minggu, 18 November 2012.

 

image

Sungha Jung checksound, lucu pake topi.

Bedanya dengan di Jakarta, kali ini konsep lighting diubah jadi cuma pake lampu par dan moving head. Karena unnumbered seating, jadinya jam setengah 12 udah ada yang ngantri aja astagfirullah… Sungha-nya aja masih makan pork jam segitu jauh dari horison. Tapi faham sih, perjuangan dateng pagi itu gak akan sia-sia.

Set list yang dibawakan sama seperti di Jakarta. Namun, missing you-nya diganti jadi That XX! Yuk makin tenggelem yuk! Nah, pas di Bandung ini penontonnya lebih tereak lagi, tipe2 fangirl kayak aku gitu. Dan…. malah sing along -_-“ ga salah sih, tapi lebih baik kalo nonton gitaris ya denger petikannya hehe. Sungha juga ngingetin penonton untuk menahan hasrat sing along in order to give chances to another type of attendee, yaitu orang yang emang suka gitar dan dateng karena ingin denger petikan gitarnya.

Karena penonton Bandung lebih histeris dan mungkin kebanyakan fangirl, jadinya every detail movement of sungha jung menjadi “show” sendiri. Seperti pada saat Sungha benerin rambutnya, cewe-cewe langsung “KYAKK!” terus benerin lagi terus “KYAKK!” lagi gitu aja looping ampe besok. Di Bandung juga Sungha terlihat lebih paham tipe penonton. Setiap habis lagu Sungha bilang “Thank you!” in a cute way dan saat aku liat reaksi fansnya semuanya pada melting.

Sungha lebih keliatan isengnya saat main gitar terus sok2 benerin rambut terus ga jadi padahal penontonnya udah siap-siap teriak, terus habis gitu liatin penonton senyum jail. Ih dasar kecil-kecil jago flirting. Haha 😀 Intinya, di Bandung Sungha lebih terlihat interaktif dan unyumunyu serta keliatan jailnya ehemehehe.

Saat sesi meet n greet dan fansigning, Sungha juga terlihat lebih lancar. Entah karena doi udah beradaptasi atau mungkin pertanyaan yang diberikan gak berbeda. Mungkin karena Sungha udah 3 hari juga di Indonesia bersama orang-orang sekitarnya yang itu-itu lagi. RAWRKS!

Kurangnya Bandung sih emang panggungnya, ga semewah di Balai Kartini (bentar2 masih rada aneh nih ngereview kerjaan sendiri hahaha maaf). Tapi enaknya di Bandung adalah posisi Sungha ga jauh2 amat dari penontonnya. Jalan 3 langkah aja penonton paling depan udah nyampe.

—-

Bonus foto untuk yang suka Sungha dari @rahmadanidp

image

Ada juga foto agak kurang ajar dari gadis belia 20 taun ababil yakin di bash sama pecinta Sungha Jung.

image

FYI: Sungha ini baik banget. Walaupun capek tapi mukanya tetep senyum. Unyunya parah sampe ke hasrat pengen ngilangin tiket pulang Sungha ke Korea. Sungha itu adalah VIP dan Black Jack parah (menurut Kak Sonny dan sependengeran aku juga). Doi pake tas yang dikasih GD kemana2 terus tas-nya aku grepe-grepe (ga grepe juga sih, saat itu aku lagi geserin tas sungha aja haha) biar secara tidak langsung aku grepe GD juga gitu lewat pertemuan sidik jari. Sungha bukain semua kado dari penggemarnya! Padahal kadonya banyak banget. Surat-surat gitu dia pisahin dari barang-barang pas bawanya. Mungkin dia ingin baca suratnya dengan syahdu satu persatu.

Sukses terus dedek Sungha!

Sukses terus Mahana!

Cepet punya pacar ya Dea Chandra!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s