Lovely Man (2012)

Lovely Man adalah film yang kutonton 6 bulan yang lalu yang menang banyak festival juga. Bisa dilihat dari poster yang aku ambil dari website 21cineplex.

Lovely Man bercerita tentang seorang anak yang kayaknya baru lulus SMA pesantren, yaitu Cahaya (Raihaanun), yang mencari ayahnya, Saiful (Donny Damara) ke Ibu kota. Cahaya ditinggal Ayahnya saat ia masih kecil dan hobi main balon-balonan yang ditiup itu.

Terlihat dalam rona wajah Cahaya excitement bakal ketemu ayahnya. Sampai akhirnya Cahaya bisa bertemu ayahnya dan agak siyok karena ayahnya adalah seorang transgender yang jual diri untuk menghidupi dirinya sendiri, bayar utang, dan mengirim nafkah ke kampung Cahaya. Konflikpun dimulai di sana. Saat Cahaya berusaha membuka diri untuk menerima kondisi ayahnya dan ayahnya yang tidak mau Cahaya terlibat dalam kehidupannya.

Obrolan ayah-anak yang ditampilkan dalam film ini cukup nyess~ menggambarkan perasaan bertemu kembali dan perasaan saling menerima. Aktingnya Raihaanun okebangs. Apalagi pas konflik dia lepas kerudung. Bbeuh. Ctar banget rasanya. Harus sesegitunya ya kalo mau ngobrol sama ayah?

Karena aku nonton film ini sama anak LFM, jadinya aku ikutan merhatiin detail. Anak LFM bilangnya ini pengambilan gambarnya terkesan kurang mengangkat fokusnya mau dimana. Ada kamera yang shaking gt juga.

Dialog-dialognya kena banget. Dialog sederhana pas adzan subuh di terowongan asik bet. Tapi juga kadang ada yang lucu, kayak pas Cahaya dikasih uang sama ayahnya bluntly Cahaya ngomong “30 juta?” Yah tau dari mana itu uang jumlahnya 30 juga. Haha. Aneh gitu.

Tapi bener deh, film ini tuh menghibur dan ngasih gambaran tentang kehidupan jaman sekarang. Dimana transgender menjadi salah satu pilihan profesi bagi pria-pria yang kekurangan uang dan kekurangan skill untuk kerja. Yang paling aku suka dari film ini adalah adegan yang diambil sehari doang gitu, kayak Janji Joni. Waktunya cuma jalan dari pagi sampe malem. Hehe. Suka deh sukaaa~


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s