#SS4INA

Tadi nonton Late Night Show ulang, guestnya Super Junior. Terus keingetan Hee Chul mulu, soalnya Hee Chul-nya lucu banget. BAKAT BANGET NGELUCUNYA! Terus malah jadi keingetan Super Show 4 Indonesia (walaupun Heechulnya ga ada) HAHA.

Bulan April kemarin, tepat 2 hari setelah SHS Bandung, gue melancong ke ibu kota buat nonton abang-abang gue. Sebenernya ini nonton gara-gara penasaran, bukan gara-gara ngefans (boong). HAHAA. Sebelumnya nyaris ga dapet tiket soalnya kebanyakan mikir. Nonton ga yah? Beli yang mana yah? Duit cukup ga yah? Kapan punya pacar yah?

Akhirnya pas ordering tiketnya dibuka langsung heboh. Pertahanan diri yang katanya gamau nonton langsung runtuh. Ibarat kata ngatain Taufik Hidayat udah ga ganteng lagi tapi pertandingannya tetep ditonton. Karena tiketnya katanya ga dijual online, jadinya mau gamau harus beli direct sale.

Berhubung gue anaknya lemah tapi keinginan nonton kuat, akhirnya nyari-nyari temen yang mau beli langsung kesana. Temen gue minta fee 100rb, yaudah gapapa gue kasih itung2 kalo gue kesana sendiri juga justru ongkosnya malah lebih mahal. Pengennya nonton yang hari Minggu karena kalo hari Sabtu gue kan masih lemes abis SHS. TAPI TERNYATA….. GA DAPET TIKETNYA 😦

Dengan semangat perawan gue nyari2 tiket lagi. Mulai dari ngemis2 ke fan base Bandung sampe ditawarin calo. Calo-calo emang ada yang kurang ajar sih. Ada yang sampe naikin 1 juta rupiah. LOPIKIRGUEBOKERDUIT? *sebel* Panik banget ga dapet tiket padahal sih harusnya biasa aja. HARUSNYA. Nyari-nyari calo lain sampe setres. Dan akhirnya DAPET ONLINE pas lagi di angkot :’) *bercucuran air mata haru*

Minggu pagi berangkat dari Bandung. Habis itu nyampe sana makan shalat dulu. Ngantri nuker tiketnya panjang banget… Desek-desekan banget. Pada gasabaran banget. Paham sih gue pada pengen banget liat Super Junior tapi emang budaya antri yang baik di Indonesia mah cupuw. Kasian banget ada elf dari Filipina kebingungan. Ciyan.

Habis desek-desek nuker tiket, gue nunggu dulu di deket gerbang yang dibuka. Karena anaknya kurang nakal, gue nitipin kamera dulu. Padahal banyak juga yang lolos penjagaan. YA MENURUT LO AJA MASA NONTON IDOLA KAGAK BOLEH BAWA KAMERA? hiks……. kan sekarang jamannya NO PICT, HOAX. haha naon.

menyengir dengan muka menunggu.

Akhirnya jam untuk menonton konser-pun tiba, sayang sekali kemudian hujan. Antrian pun menjadi penuh payung. Gue agak santai soalnya beli tiketnya yang duduk, bukan festival. Jadi selow aja kayak melly goesloow.

Begitu masuk, yang katanya di twitter ada 6 layer penjagaan dan penyitaan barang2, ternyata ga berlaku pas gue masuk! Cuma ada 2 layer. Itu juga kalo gue masukin kamera ke tempat mukena, kayaknya gakan kena razia.

Venue #SS4INA ini adalah di MEIS Ancol, gedungnya belum jadi gitu. Tapi semacam ‘dipaksain’ buat jadi. Kapasitasnya besar sekali. Serius, masih semen2 gitu, cuma ditutupin pake banner promoter konsernya. Karena gelap jadi yaudah sih yah. AC-nya lumayan kenceng untuk penonton sebegitu banyak. Tapi sayang, promoternya kurang memperhatikan kenyamanan dalam menonton. Ada aja loh yang dapet tempat duduk di belakang pilar. Kasian kan, masa udah bayar sejuta tapi view ke panggungnya ketutupan pilar.

ihihi itu ada tulisan gue daerah situ ‘Dong Hae Oppa, Kyu Hyun Oppa, Eun Hyuk Oppa, Si Won Oppa, and Hee Chul Oppa thank you for always be in my harddisk and cheer me up when I was down’ tapi ga keliatan karena spidol gue kalah tebel.


Ada insiden kurang menyenangkan, yaitu: tempat duduk gue ga ada. Jadi nomernya loncat gitu. Dibekali mulut tajam, gue protes ke abang2 daerah situ. Akhirnya ditempatin lah gue di daerah depan, yang tiketnya 500ribu lebih mahal. HORE.

Konser dimulai dengan lampu yang semakin redup sampai akhirnya gelap sama sekali. Gue bukan ELF dan gue kagum banget sama apa yang gue liat. Lautan sinar lightstick berwarna biru dan kecintaan mereka sama super junior bikin gue ngerasa kita NYATU banget. Kayak Indonesia merdeka lagi. Terharu banget.

Video suju pun diputar, semua ELF ber”kya-kya” dan gue mulai mengacak-ngacak rambut yang ada di dalem kerudung, ikutan gila juga. Baru video doang loh itu orang-orangnya belum muncul.

Terus akhirnya mereka muncul. Stage actnya bagus banget. Terorganisir. Ditambah dengan panggung (yang walaupun ga seheboh SS4 di negara lain) yang naik turun plus semburan-semburan air.

Sebenernya gue udah nonton SS4 di harddisk gue, konser boyband Korea itu set listnya sama, stage act-nya sama, tapi pasti ada aja sedikit yang beda.

sayangnya ga kebagian yang ada tulisan Eun Hyuk Oppa dan Hee Chul Oppa 😦

Yang gue rasain banget adalah begitu menyatunya ELF Indonesia saat Suju bawain lagu-lagu mereka. Gue yang bukan ELF juga kayak dirangkul jadi ELF dadakan. Ikutan nyanyi, teriak-teriak, dan nangis. Iya, gue sempet nangis karena walaupun nontonnya dari jauh, ga sedeket orang2 festival, gue bahagia aja udah nonton mereka langsung…. dan kebahagiaan gue akan lebih lengkap kalo ada Heechul!

Bagian perkenalan tentu adalah bagian yang paling gue tunggu-tunggu. I expected something from them, dan bener aja mereka perkenalan pake bahasa Indonesia ditambah Shin Dong yang bilang HATUR NUHUN! Uuuw Shin Dong sini gue ajarin bahasa Sunda lanjutan.

Kemudian seperti biasa mereka bagi-bagi bunga dan menjadi karakter-karakter lain. Yang paling gue inget adalah Kyu Hyun dan Sung Min, karena gue dapet placard untuk di angkat-angkat dari ELF lain bertuliskan “catch MIN if KYU can” 🙂

Solo performance adalah bagian paling ditunggu-tunggu. Gue suka bagian Kyuhyun pas nyanyi “Isn’t she lovely” walaupun gue tau itu adalah lagu yang sering banget dinyanyiin artis korea sepanjang perjalanan perkoreaan gue yang endingnya kedengernnya “izen syi lablii, izen syi wanderbul”.

Kemudian solo performancenya Eun Hyuk yang sangat berusaha menggunakan bahasa Indonesia ditambah dance-dance Eun Hyuk sepanjang konser yang bikin gue deg-degan terus. Gue sangat mencintai orang-orang yang bisa ngedance pake hati seperti Eunhyuk alias Lee Hyuk Jae ini.

Solo performancenya Shindong juga ga kalah menarik, dia ngedance pake lagu ballad Vidi Aldiano yang Cinta Jangan Kau Pergi. Kalo gue iseng bawa kamera pasti udah gue rekam. PASTI!

Ryeo Wook sama Sung Min perform pake sexy dancers dengan sexy moves. Mungkin konsepnya menegaskan bahwa dibalik muka kecil dan eyeliner mereka terdapat sisi ke-NAMJA-an mereka. Dan itu terlihat jelas di gerakan-gerakan dance mereka.

YESUNG UDAH SUARANYA BAGUS, ASLINYA GANTENG BANGET. TITIK.

Intermezzo yang paling ditunggu-tunggu adalah: EXO! Gila! Walaupun gue ngefansnya sama EXO-K karena ada Chan Yeol-nya, tetep aja itu EXO-M unch unch, kharismanya Kris dengan celana ajaib bisa geter2 itu luar biasa ya ternyata.. OOOW OWWW.

Paling mantep saat gue tiba-tiba jadi tau fan chant-nya Suju di setiap lagu, semacam kebawa arus gitu. Terus jadi hapal nama-nama lengkapnya. Terus rangkulan ama temen gue pas Sujunya nyanyi. YAAA GITU DEH POKONYA SUJU UNITED BANGET.

cuma bisa foto di depan ‘suju-suju-an’ aja, mau moto suju aslinya tapi kameranya dititipin.

Di akhir konser mereka basah-basahan pake semprotan air! Literally. Ada yang buka baju kayak Si Won, ataupun cuma pake kaos v-neck seksi gitu kayak Kyu Hyun. Semuanya basah! Mereka main-main air lucu gitu uuww. Kata temen gue yang nonton Sabtu, pas Sabtu semuanya ga basah. HAHA.

Dan masing-masing mengucapkan salam perpisahannya, kemudian gue dikejutkan lagi dengan nyanyian “Cinta jangan kau pergi, tinggalkan diriku sendiri…” dari mulut Shin Dong.

Ini pertama kalinya, kata Lee Teuk, mereka ngadain konser siang-siang. Dan iya, bagi gue ini sangat berkesan. Suasananya kayak malem, dengan lautan kebiruan itu, dengan fan chant itu, dengan teriakan teriakan dari elf, dengan kehangatan yang diberikan oleh Suju untuk fans-nya.

Mungkin bagi sebagian orang Super Junior atau boyband lainnya bukanlah apa-apa, tapi bagi kami, mereka adalah sumber semangat dan sumber pembelajaran. Bukan hanya karena tampang mereka, lagu mereka, atau dance mereka. Tapi karena personality mereka, keseharian mereka, keinginan mereka yang kuat untuk menjadi seorang entertainer, serta cerita-cerita mereka yang kadang bisa menjadi motivasi atau bahan untuk merefleksi diri sendiri.

Gue sendiri gak tau akan sampai kapan ngefans sama boyband-boyband ini. Sampai sekarang gue ngerasa belum ada ruginya.

YEOROBUN, HAPPY FANGIRL-ING YAA 🙂

sedikit kenang-kenangan dari ELF lain yang menjadikan gue ELF sepenuhnya, padahal awalnya gue cuma demen ama Hee Chul dan Eun Hyuk doang. YUK!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s