MTI 2009 :)

“Habis OSKM, si cantik Dea Chandra ngapain ya?” kata salah seorang cowo ganteng diantara beribu cowo ganteng lainnya yang ngefans banget ama Dea Chandra Marella. Sekarang mari ubah kata ngarep menjadi amin.

Oke, untuk menjawab pertanyaan fans-fans gue yang sangat gue cintai, mari kita bercerita saja. Mumpung liburan hahaha.

Jadi, habis OSKM itu ada Ospek Jurusan. Yuhuu~ (malah seneng). Nah, nama osjurnya adalah PPAB MTI (Proses Penerimaan Anggota Baru Keluarga Mahasiswa Teknik Industri).

PPAB ini dimulai tanggal 21 Juli 2010 dan berakhir pada tanggal yang tidak ditentukan (doh!) Secara sekarang gue masih aja PPAB gitu ya. Ha ha hu hu (ketawa campur sedih).

Entah mengapa secara random gue ditunjuk menjadi PJ ABSEN SELAMALAMANYA oleh kakak litbang selama PPAB berlangsung, dan tanpa sengaja gue pun menjadi ’sekretaris dunia akhirat’ (meminjam istilah Gilang Bagaskara si Ketan MTI 09) karena suka nulis-nulis. Orang-orang pada ga tau aja kalo gue nulis ‘i love Raffi Ahmad’ bukan notulensi rapat atau kumpul angkatan. Yeee.

PPAB sendiri di mata gue, catet, mata gue ya, adalah proses kaderisasi yang.. ya gitu deh hehe. Materinya alhamdulillah dapet, walaupun pengaplikasiannya masih dalam proses. Agitasi dan konsekuensinya yang bikin gue agak-agak gimanaaa gitu. Masa tiap hari dapet konsekuensi terus? Haha iya sih, itu emang diantara kami ada yang berbuat kesalahan. Tapi kami jaraaang sekali diapresiasi oleh panitia. Apresiasi tertinggi yang mereka berikan adalah tepuk tangan. Ya udah sih deiy, emang mereka mau lo suruh joged-joged. Haha. Atau mungkin itu emang udah tradisi? Tapi kalo ngebandingin sama kaderisasi yang pernah gue ikutin waktu SMA, panitia kaderisasinya kalo ngapresiasi pol banget. Saat kita melakukan kesalahan kita dibuat jera dengan hukuman, saat kita menampilkan performa (eaaa performa naon deui) terbaik kita, kita diapresiasi. Panitia lapangan ikut tertawa dan tersenyum bareng-bareng, sangat menggambarkan bahwa bukan hanya orang yang dikaderlah yang belajar, tapi juga pengkader. Sama-sama belajar.

Kadang metode-metode yang diterapkan pada kami tidak cocok dengan keadaan kami. Misalkan mengadakan PPAB di hari libur nasional dengan keadaan kami yang lagi pengen banget menghabiskan waktu bersama keluarga.

Asumsi gue, iya gue, mereka mungkin kurang analisis input. 2009 yang mau dikader harusnya sudah dianalisis, baik itu observasi maupun wawancara langsung. Jadi, mereka bisa menerapkan metode-metode yang tepat dengan keadaan 2009 yang berbeda-beda. Tapi ya sudahlah, semoga hal-hal seperti itu bisa menjadi bahan evaluasi untuk 2009 untuk bisa membuat kaderisasi lebih baik lagi kedepannya. Tapi disamping itu semua, gue saluuut banget sama kakak-kakak panitia PPAB yang dengan keikhlasan hati menghabiskan waktunya untuk mengurus kami disela-sela kuliah mereka yang lebih padat dari pada kami :“) unyuu..

Tugas-tugas PPAB ga nyantai banget sooob! Masalah tugas buku angkatan, name tag, dan database sih udah biasa kan ya. Tapi masalah lagu angkatan, profil angkatan, dan bendera angkatan yang harus dibuat dalam satu malam sih luarrrr biasa. Di sana kita terlibat cinta satu malam oh indahnya cinta satu malam buat ku melayang walau satu malam akan slalu ku kenang dalam hidupku (telunjuk ngacung ke atas sambil muter-muter ga boleh bengkok ala Febrianus). Militansi kita mulai terbentuk saat malam itu. Belum lagi pas bikin koran angkatan, fiuh. Begadang jangan begadang kalo tiada artinya. Begadang boleh saja haaaa aaaa. Kalau ada perlunyahh. Serrr..

malam pembuatan koran angkatan

 

Setelah, lima hari, kita dilantik. EITS, jangan senang dulu. Kita dilantik bukan jadi Anggota Muda, apalagi Anggota Biasa. Kita dilantik sebagai anggota MTI 2009, yang sama aja tidak memiliki hak untuk mengucap avanti (salam MTI), masuk ke sekre himpunan, dan menggunakan inventaris milik himpunan. Tapi untungnya hak untuk tetap mengeceng kakak panitia tetap ada. Alhamdulillah..

Tugas pun semakin menjadi-jadi, mana kita udah mulai masuk kuliah pula. Pucing deh pokonya. Sebenernya tugasnya cuma satu, yaitu.. Pengabdian Masyarakat. Tapi itu tugas BESAR loh aslinya. Cape fisik banget selalu pulang malam. Tapi karena bareng MTI 2009 lainnya, hatinya ga ikut-ikutan cape. Unyuu.. 🙂

Pengabdian Masyarakat yang kami buat adalah Kembang Kol (Kembali Bangun Sekolah). Di acara ini, kami mengadakan perpustakaan untuk SMP PGRI 6, seminar dan mentoring motivasi belajar, buka bersama, juga kerja bakti membersihkan sekolah.

Perjalanan menempuh Kembang Kol sangaaaat panjang. Mulai dari rapat tiap hari, rapat malem, rapat divisi, sampai progress report ke panitia di hari libur. Cabe deeeh.

Paling pol adalah saat harus bikin proposal dalam 2 hari. Yakaleee. Begadang lagi deh aye, untung ada MTI 2009 yang selalu mensupport gue :*

Asli ini candid lagi ngerjain proposal dengan wajah kurang kontrol (photo by Muthia Astari)

Foto penyandang cacat haha. (Ki-ka atas-bawah: gue, Handy, Lion, Anty, Ferzy, Gina, Fiko, Reni, Misbah). Photo by Muthia Astari.

Ada saat semangat, ada saat tidak semangat. Fatal banget saat PPAB di hari Minggu beberapa hari yang lalu, yang ga dateng ampe 80 orang. Mungkin saat itu MTI 2009 sudah mulai memperhatikan prioritas lain, dari kegiatan lain yang terbengkalai, sampai kepentingan keluarga yang sudah saatnya harus diprioritaskan. Semangat juga mulai turun. Tapi untunglah kami selalu terbuka (bukan bajunya) satu sama lain, cerita tentang keadaan diri, bertukar pandangan, dan saling menyemangati sampai akhirnya kami memiliki solusi untuk masalah kami pribadi, bukan hanya menyangkut PPAB.

Alhamdulillah punya MTI 2009, yang selalu ngebantu bukan saat PPAB aja, tapi saat kesulitan dalam perkuliahan kayak ngerjain laporan praktikum DPTI yang bikin tidur cuma 2 jam bareng-bareng.

Ditambah lagi kelakuan babes-bujang MTI. Banyolan dan guyonan (haha bahasa gue) yang khas selalu bikin kangen. Seperti #njiee, kak dito, munyes raja galau, muahlrif yang pengen buku loghprogh, latex leopard, dan gosip-gosip babes lainnya yang selalu seru setiap saat. Apalagi saat Citte sharing “Doa Enteng Jodoh” untuk babes-babes yang kesepian. HA HA HA.

Juga saat persiapan buka puasa bareng massa MTI angkatan atas, beberapa babes latian saman hanya dua hari dan hasilnya bagus 🙂

geng motor yang hobinya ngestalk profil atau timeline orang haha (gue, japir, ama yunica aja kalee..) – hancur sudah harga diri.


Babes jadi bujang jadi babes. Rawr.

PPAB masih panjang, (katanya), dan sekarang lagi liburan, dan sekarang belum apa-apa udah kangen lagi sama MTI 2009! Esprit de Corps mi Amigos por Siempre 🙂

Kecup membabi buta dan salam gebuk manja dariku untuk keluargaku, MTI 09!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s