semenjak ibu pergi.

semenjak ibu pergi, gue merasa ga ada gairah hidup lagi, yang gue mau cuma satu, mati. mati biar cepet ketemu ibu.

semenjak ibu pergi, babeh gue protektif banget ampe gue kuliah pulang malem aja disangkain bohong, disangkain keluyuran seharian. setiap hari libur harus dirumah. kalo pulang malem harus ada yang nganter. ga boleh keluar malem. ga boleh jajan sembarangan. tiap hari harus bawa obat. ga boleh ikut unit. ga boleh punya pacar. ga boleh ini ga boleh itu. ga boleh nyanyanyanya. ujung2nya gue ngerasa kayak ga boleh napas. sesek. alesan utama yaaa, “Ibu nitip kamu ke Bapak.”

semenjak ibu pergi, gue selalu sedih liat foto ibu di hp. selalu ga jelas. selalu ngeluh kenapa Tuhan ngambil emak gue. selalu berharap kalo yang bangunin gue besok pagi adalah ibu. selalu berharap ini semua cuma mimpi buruk.

tapi semenjak ibu pergi, gue selalu berusaha mandiri. berusaha tersenyum. berusaha menerima. mungkin kalo ibu belum pergi, gue masih suka ngeluh-ngeluh ke ibu. manja-manja ke ibu. ngeluh tentang bapak ke ibu. menye-menye. disini gue diajarin untuk jadi cewe kuat yang ga gampang nangis.

tapi semenjak ibu pergi, solat gue makin rajin (kemaren doang keteteran solat subuh haha), doa gue makin bener dan gue ga pernah ngelawan bapak karena cuma dia satu-satunya orang tua yang gue punya walaupun keseringan dia nyakitin gue dengan ga ngebolehin gue ini-itu. tapi gue tau, bapak punya alasan kuat. mungkin kalo ga nurut bapak gue bisabisa gue ketiban bencana.

tapi semenjak ibu pergi, gue selalu merasa dilindungi dan disayang sama Tuhan. gue heran, kenapa gue lulus SNMPTN padahal gue belajar H-7 doang; kenapa gue ga pernah keujanan kalo pulang kampus, apalagi pas lagi naek ojek, hujannya tuh turun setiap gue udah nyampe rumah; kenapa gue ga ketabrak mobil waktu asal nyebrang dan malah mobilnya berenti terus itu yang nyetirnya ganteng sumpah mau nyium aja dan malah senyum ke gue (kenapa dia ga marah2 padahal waktu itu jelas gue yang salah); kenapa lutut gue ga geser waktu lari-lari ngelilingin api unggun pas acara LSS; dan kenapa semua penyakit gue ga pernah kambuh parah lagi. gue ngerasa ini semua perlindungan Tuhan, ibu minta Tuhan jaga gue.

maaf Tuhan, gue belum bisa jadi hamba yang baik.

maaf Tuhan, gue belum sepenuhnya melakukan setiap pekerjaan untuk ibadah.

maaf Tuhan, gue aneh, kerjaannya panik-panik ga jelas gara-gara belum ngerjain sesuatu tapi badannya ga mau usaha buat ngerjain hal itu.

maaf Tuhan, gue ga maksimal nurut ama ibu waktu dia masih hidup.

tapi Tuhan, tolong lapangkan kuburan ibu, beri dia nikmat kubur, dia adalah wanita yang paling sempurna di mata gue. Tuhan, sampaikan pada ibu kalo gue akan selalu mencintainya.

untuk Ibu, jika Desember ini ia masih hidup, selamat ulang tahun yang ke-57 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s